Senin, 07 November 2011

Sumber Daya Manusia

Diposting oleh anggia di 06.35

Tugas Softskill..

"Pengantar Bisnis Informatika"

Buatlah sebuah artikel mengenai sebuah wirausaha melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja...!!


Pada tugas softskill kali ini saya akan menjelaskan tentang suatu wirausaha yang melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Sebelumnya saya akan apa sih wirausaha itu? Menurut saya Wirausaha itu bisa dibilang suatu perusahaan yang tidak begitu besar dan tidak begitu kecil. Wirausaha juga bisa dibilang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Wirausaha yang kita bangun atau bias disebut suatu perusahaan yang dibangun, Sebelumnya harus memiliki perencanaan yang matang untuk membangun perusahaan yang nantinya dapat terus berkembang dikemudian hari. Tentunya perekrutan tenaga kerja harus juga diperhatikan, agar semua yang bekerja di perusahaan tersebut dapat membentuk suatu ekosistem yang dapat menjalankan perusahaan tersebut.

Pertama saya akan membahas tentang “Perencanaan” kemudian dilanjutkan dengan “Perekrutan”.


Pembahasan tentang “Perencanaan”

Sebelum kita membangun suatu usaha, tentunya kita harus memperhatikan modal untuk mendirikan perusahaan. Sebagian besar suatu perusahaan yang didirikan biasanya sesuai dengan keuangan yang akan mendirikan perusahaan. Jika dari segi keuangan si pendiri tidak sanggup, maka dapat dilakukan peminjamaan uang agar perusahaan itu dapat berdiri. Tentunya harus melihat segi keuntungan dulu, jika perusahaan itu nantinya akan menguntungkan si pendiri, maka proses peminjaman uang dapat dilakukan. Beda halnya jika perusahaan tersebut nantinya akan merugikan si pendiri, sebaiknya jangan melakukan peminjaman uang. Tentunya kita harus lebih cermat dalam menelitinya agar tidak terjadi kerugian bagi si pendiri perusahaan. Untuk masalah lokasi perusahaan tersebut, kita harus dapat memilih lokasi yang strategis agar orang-orang minat/tertarik pada perusahaan yang didirikan. Sebelum itu sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Pembahasan tentang “Perekrutan Tenaga Kerja”

Pada bagian Perekrutan tenaga kerja sangatlah penting, karena tenaga kerja yang bekerja pada perusahaan nantinya akan menentukan jalur ekosistem yang dapat menjalan perusahaan tersebut. Dengan mendirikan perusahaan tentunya kita bisa dibilang mengurangi pengangguran yang ada di Negara kita ini. Syarat dari tenaga kerja tentunya harus dapat memenuhi Sumber daya manusia yaitu menguasai pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab dia sebagai tenaga kerja pada perusahaan tersebut. Jika memiliki perusahaan, pastinya memiliki produk-produk yang ada dalam perusahaan tersebut. Hal ini memerlukan pemasaran produk agar dapat meningkatkan daya beli produk pada perusahaan itu. Oleh karena itu, kita harus cermat dalam masalah perekrutan tenaga kerja agar tenaga kerja yang dipilih dapat menguasai pekerjaan dibidangnya. Untuk masalah imbalan, suatu perusahaan harus dapat disesuaikan dengan kondisi usaha.

0 komentar:

Posting Komentar

 

..:: Selamat Datang ::.. Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei