Jumat, 18 November 2011

Mix 4P

Diposting oleh anggia di 06.43

Marketing mix adalah konsep pemasaran standar dimana disitu terdapat 4P yaitu Products, Place, Promotion, Price yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market tertentu.

Pengertian 4P adalah sebagai berikut :

Products ( Produk yang akan dipasarkan )

Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen, apakah produk tersebut ditujukan untuk dikonsumsi langsung oleh konsumen atau untuk diproduksi kembali dan kemudian baru dipasarkan ke konsumen.

Price ( Harga Jual )

Untuk strategi penetapan harga ada 2 strategi yaitu :

- Price skimming adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menetapkan harga tinggi untuk menutupi biaya pengembangan produk selanjutnya.

- Market penetration yaitu dengan memberikan harga murah pada suatu produk untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah General pricing approach yaitu strategi pemberian harga yang ditentukan oleh suplai persediaan, dimana ketika akan menjual produk yang baru diluncurkan maka harga-harga

produk yang lama akan diturunkan agar persediaannya berkurang.

Promotion ( Promosikan produk )

Merupakan salah satu strategi dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada konsumen. Ada 4 jenis mem-promosikan barang, yaitu :

- Periklanan ( advertising )

- Promosi penjualan ( sales promotion )

- Hubungan masyarakat ( public relationship )

- Penjualan personal ( personal selling )

Place ( Tempat Transaksi )

Merupakan faktor penting yang berhubungan dengan transaksi akhir jual / beli. Ada 2 jenis transaksi yaitu :

- Dimana konsumen yang mendatangi pemberi jasa / langsung datang ke toko. Ini merupakan faktor penting karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko dan sasaran pelanggan.

- Dimana pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu langsung sehingga pemesanan barang dapat dilakukan via telepon, fax atau SMS dan pengiriman bisa langsung dikirim oleh toko atau melalui jasa pengiriman barang untuk memperlancar pendistribusian barang ke konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

..:: Selamat Datang ::.. Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei