Minggu, 11 Maret 2012

Pemrograman Multimedia

Diposting oleh anggia di 00.14
Nama : Anggia Kusumawaty
Kelas : 4IA06
NPM : 50408125

Pada Tugas mata kuliah Pemrograman Multimedia ini, Saya akan menjelaskan alur dari aplikasi yang telah Saya buat dengan judul "Pembuatan Aplikasi Mobile Suara Hewan Menggunakan Eclipse JAVA dengan Platform Android 1.6".


1. Struktur Navigasi

Pada aplikasi Suara Hewan menggunakan struktur navigasi hirarki (struktur navigasi bercabang) yang merupakan suatu strukur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu.


2. UML (Unified Modelling Language)
Dalam memodelkan proses yang terjadi pada rancangan sistem aplikasi suara hewan ini akan dibuat ke dalam 2 bentuk model UML, yaitu Activity Diagram, dan Use Case Diagram.
  • Rancangan Activity Diagram

  • Use Case Diagram


3. FLOWCHART


4. Rancangan Interface
  • Tampilan Menu


  • Tampilan Mulai


  • Tampilan Tentang


5. Pembuatan Projek Awal

Untuk membuat projek awal Android dibutuhkan Android SDK dan emulator phone. Penulis menggunakan IDE Eclipse sebagai Java development environment sekaligus merupakan interface dengan emulator Android melalui plug-in Android Development Toolkit (ADT). Disini akan dijelaskan tahap dalam pembuatan project untuk pertama kali dan pembuatan AVD (Android Virtual Device) serta menjalankan aplikasi di emulator. Tahap pertama adalah membuat project baru, dengan langkah sebagai berikut:

Pilih File >> New >> Project pada Eclipse untuk membuka project baru. Kemudian pilih Android > Android Project, dan klik Next.

Setelah memilih Projeck Android maka akan ada jendela seperti ini:


Kemudian Masukan informasi di bawah ini:

Project name : SuaraHewan

Build Target : Android 1.6

Application name : Suara hewan

Package name : com.AnimalSounds

Create Activity : SuaraHewan

  • Kode pada java pembuatan tampilan Menu

  • Kode pada XML pembuatan tampilan Menu

  • Kode pada java pembuatan tampilan Mulai



  • Kode pada java pembuatan tampilan Tentang

Pada potongan pengkodean di atas menjelaskan tombol “kembali” yang terdapat pada tampilan (layout) tentang memanggil tampilan (layout) mulai.XML.

HASIL OUTPUT

  • Tampilan Menu


  • Tampilan Mulai


  • Tampilan tentang

0 komentar:

Posting Komentar

 

..:: Selamat Datang ::.. Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei